Perdagangan Partai Besar, Pengecer Tanpa Toko, Pengecer Elektronic, Electronic Storefront, Cybermalls,

Perdagangan Partai Besar


Sekarang Aada tahu sesuatu tentang saluran distribusi, kita dapat mempertimbangkan peran yang dimainkan oleh para perantara dengan lebih terperinci. Sebagai contoh, para grosir menyediakan beragam pelayanan untuk pelanggan yang membeli produk untuk dijual kembali atau untuk kepentingan bisnis. Selain penyimpanan dan penyediaan bermacam macam produk, para grosir menawarkan jasa pengantaran, kredit, dan informasi tentang produk. Pelayanan yang ditawarkan bergantung dan jenis perantara yang terlibat: pedagang grosir, agen /broker, atau e-iniermediary.

Pedagang Grosir

Kebanyakan grosir adalah badan independen yang menjual berbagai jenis barang konsumsi atau barang bisnis yang diproduksi oleh berbagai perusahaan manufaktur. Pedagang grosir (merchant wholesaler). kelompok grosir tunggal yang terbesar, memainkan dua peran, membeli produk dari produsen dan menjualnya ke perusahaan lain. Pedagang memiliki hak atas barang-barang yang akan mereka jual kembali.

Sekitar 80 persen dari semua pedagang grosir adalah pedagang grosir jasa penuh (full-service merchant wholersaler) yang memberikan layanan kredit, pemasaran, dan perdagangan. Pedagang grosir fungsi terbatas (limited-function merchant wholesaler) memberikan beberapa jasa, terkadang hanya jasa penyimpanan. Para pelanggan mereka biasanya merupakan usaha kecil yang membayar tunai dan mengambil sendiri barang mereka. Drop shipper bahkan tidak memiliki persediaan atau menangani produk: Para drop shipper menerima pesanan dari pelanggan, melakukan negosiasi dengan produsen untuk memasok barang, mengambil alih hak atas barang, dan mengatur pengiriman kepada pelanggan. Para drop shipper ini menanggung risiko transaksi hingga pelanggan menerima hak atas barang tersebut. Grosir fungsi terbatas lainnya, dikenal sebagai rack jobber. memasarkan barang-barang konsumsi (kebanyakan produk bukan makanan) langsung ke toko-toko pengecer. Procter & Gamble <www.pg.com>, misalnya, menggunakan rack jobber untuk mendistribusikan produk-produk seperti popok Pampers.
Catalog showroom mengirim katalog untuk menarik minat pelanggan memasuki ruang pajang agar mereka melihat sampel pajangan, melakukan pemesanan, dan menunggu sebentar ketika pramuniaga mencarinya dalam gudang yang berdekatan. Factory outlets adalah toko milik pabrikan yang menghindari grosir dan pengecer dengan menjual barang-barang dagangan langsung dari pabrik ke konsumen. Warehouse club (atau wholesale club) menawarkan diskon besar atas berbagai macam barang bermerek kepada pelanggan yang membayar iuran keanggotaan tahunan. Para pengecer makanan di lingkungan perumahan seperti toko 7-Eleven dan Circle K merupakan jaringan convenience store (toko kelontong) yang menawarkan pembelanjaan yang mudah: Mereka menekankan pada lokasi yang mudah dicapai dan memiliki tempat parkir, jam buka toko yang panjang, dan pelayanan yang cepat. Mereka berbeda dari kebanyakan pengecer murah lainnya karena tidak menonjolkan harga yang rendah. Seperti para pengecer murah, mereka mengendalikan harga dengan meminimalkan tingkat pelayanan dalam toko.

Pengecer Tanpa Toko dan Pengecer Elektronic 


Beberapa pengecer terbesar nasional menjual semua atau kebanyakan produk mereka tanpa toko sungguhan. Jenis-jenis barang konsumsi tertentu—minuman ringan, permen, rokok— bergantung pada distribusi di mesin-mesin penjual. Walaupun penjualannya mencapai $110 miliar per tahun, mesin-mesin penjual masih mewakili kurang dari 4 persen dari semua penjualan eceran AS. Dalam e-retailing, penjualannya diproyeksikan mencapai $123 miliar pada tahun 2004, karena sekitar 80 juta rumah tangga yang memiliki komputer melanjutkan tradisi belanja secara online.

Pengecer tanpa toko (nonstore retailing) juga mencakup direct-response retailing di mana perusahaan mengontak langsung pelanggan untuk menginformasikan produk-produk dan untuk menerima pesanan penjualan. Mali order (atau Catalog marketing) seperti yang dipraktekkan oleh Spiegel <www.spiegel.corn> dan cabangnya Eddie Bauer <www.cddicbaucr.com>, adalah bentuk langsung direct-response retailing. Demikian juga telemarketing penggunaan telepon untuk menjual langsung ke konsumen. Telemarketing mengalami pertumbuhan yang luar biasa di Amerika Serikat. Kanada, dan Inggris dan para ahli memperkirakan bahsva penjualan AS sendiri dapat memuncak pada $800 miliar pada tahun 2004. Lebih dari 600 perusahaan AS menggunakan penjualan langsung untuk menjual dari pintu ke pintu atau melalui honte-selling parties. Avon Products memiliki 4 juta perwakilan pcnjuaLui di 100 negara.

Booming dalam Pengeceran Elektronis Pengeceran elektronis (electronu retailing) dapat diwujudkan dengan jaringan (rtetuvrii) komunikasi yang menyebabkan para penjual dapat memasang informasi produk pada komputer konsumennya. Penggunaan Internet untuk berinteraksi dengan para pclanggan-untuk menginformasikan, menjual, dan mendistribusikan kepadi pelanggan, sedang berkembang dengm pesat. 
Electronic Catalogs E-catalogs menggunakan Internet untuk memajang produk dan jasa bagi pelanggan eceran dan pelanggan bisnis. Dengan mengirimkan versi elektronik (bukannya katalog surat biasa), perusahaan memberikan akses langsung halaman-halaman produk kepada jutaan pengguna. Penjual terhindar dari biaya distribusi pos dan percetakan. Setelah katalog Online ditempatkan, hanya sedikit biaya dikeluarkan untuk memelihara dan mengaksesnya. Mengakui manfaat-manfaat ini, sekitar 83 persen dari penerbit katalog kini berada di Internet, dengan penjualan via situs-situs Web mencapai 10 persen dari seluruh penjualan katalog. Sepuluh c-catalog terkemuka mencakup nama-nama seperti |C Penney (#1), Fingerhut (#3), L. L. Bean (#7), dan Victoria’s Secret (#8). Business-to-business e-eatalog yang terkenal antara lain Dell Inc. (#1) dan Office Depot (##5).11

Electronic Storefront dan Cybermalls

Kini, situs Web penjual merupakan electronic storefront (atau virtual storefront) tempat para konsumen mengumpulkan informasi mengenai produk dan peluang bisnis, mengajukan pesanan penjualan, dan membayar pembelian mereka. Produsen berbagai lini produk, seperti Dell Inc. <www.dell.com>, mempunyai storefron yang dimaksudkan untuk lini produk mereka sendiri. Situs-situs lain, seperti CDNOW <www.cdnow.com>. yang menawarkan CD. kaset audio dan video, termasuk kategori penjual yang memiliki storeform yang menampilkan produk-produk dari banyak produsen.

Situs pencari seperti Yahoo! <www.yahoo.com> dianggap sebagai eybermall kumpulan virtual storefront yang menampilkan berbagai jenis produk. Setelah memasuki cybermall, para pembelanja dapat dengan mudah bernavigasi dengan cara memilih dari daftar toko (Eddie Baucr atau Macy's), daftar produk (Pokemon atau MP3 playcr), atau departemen (pakaian atau peralatan mandi/kecantikan). Ketika keranjang belanja maya Anda telah penuh. Anda keluar dan membayar tagihan Anda. Nilai tambah cybermall cukup jelas: kecepatan, kenyamanan, akses 24 jam. dan yang terpenting, melakukan pencarian secara efisien untuk menghindari sindrom "klik sampai Anda bosan"pencarian tanpa henti melalui cybetspate yang dialami oleh pengguna Internet di masa-masa awal.

Dari Pintu ke Pintu menjadi e-Sales? 


Tidak mengherankan, cyberspacc mengganggu saluran distribusi diri pintu ke pintu. Amway terkenal karena saluran multilevel marketing yang terdiri dari distributor bebas yang mendapatkan komisi karena menarik pelanggan baru dan tenaga penjual Amway baru. Saat ini Amway telah memperluas sistem multilevel marketing-nya ke dalam Internet dengan spin-off yang bernama Quixstar <www.quixstar. com>. Dengan bantuan Quixstar. Anda dapat memulai bisnis Internet dari rumah Anda sendiri. Anda akan dibayar karena usaha mengarahkan pelanggan baru ke situs Quixstar dan karena mendorong orang lain menjadi perwakilan Quixstar. Besarnya potensi penjualan dari rumah yang ada di Internet juga memikat nama-nama perusahaan penjualan dari pintu ke pintu Tupperware. Avon, dan Mary Kav. Perusahaan-perusahaan seperti itu berlomba-lomba menggunakan Internet, walaupun mereka menghadapi potensi konflik saluran: Kemungkinan, jutaan tenaga penjualan yang loyal akan kehilangan pelanggan yang beralih ke gerai Internet perusahaan mereka.
Pemasaran Interaktif dan Video Kini, baik pengecer maupun pelanggan business-to-business berinteraksi pada situs Web multimedia dengan menggunakan suara, grafik, animasi, klip film, dan akses untuk berbicara secara langsung. Satu contoh yang baik mengenai pemasaran interaktif adalah LivePerson <www.liveperson.com>. penyedia penjualan dan pelayanan instan kepada pelanggan terkemuka untuk lebih dari 450 situs Web. Ketika  pelanggan memasuki situs Web e-Loan. Playboy. CHS Sportline's IgoGolg, USABancShares- seluruhnya merupakan klien LivePersonmereka memasuki ruangan berbincang langsung yang diprakarsai oleh operator layanan untuk melakukan bincang-bincang tertulis secara empat mata. Pertanyaan dan jawaban berlangsung dalam dua arah untuk memberikan pelayanan pribadi apabila para pengguna memiliki pertanyaan khusus yang harus diajukan sebelum mereka memutuskan membeli produk tertentu. Bentuk interaksi lain biasa disebut sebagai banner iklan yang berubah setiap kali mouse pengguna bergerak pada halaman situs tersebut, memperlihatkan kotak-kotak drop-down, pemeriksaan (eheck-box) serta pencarian (seach).

Pemasaran melalui video, bentuk pemasaran interaktif' yang telah lama terbentuk, mengajak para pemirsa berbelanja dari rumah melalui lavar televisi. Banyak televisi kabel saat ini menawarkan video marketing melalui saluran belanja-di-rumah yang menampilkan dan mendemostrasikan produk perluasan, peralatan makan, barang-barang aksesori rumah, dan bahkan real estate dan mengizinkan pemirsa menelepon atau mengirimkan e-mail untuk melakukan pemesanan. Salah satu jaringan. QVC <www.qvc.com>, beroperasi di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Jepang. Baru-baru ini perusahaan ini meluncurkan www.QVC.com sebagai situs Web interaktifnya.

Postingan populer dari blog ini

Mengelola Keanekaragaman Angkatan Kerja, Mengelola Pekerja Berilmu

Jaringan Distribusi, Bauran Distribusi, Perantara dan Saluran Distribusi

Strategi Distribusi, Distribusi intensif, distribusi eksklusif, distribusi selektif, Konflik Saluran, Kepemimpinan Saluran

Top To Day

Tutorial FL Studio