Menggodok Struktur Baru | Apakah Struktur Organisasi Itu? | Apakah Struktur Organisasi Itu? | Faktor Penentu Organisasi
Menggodok Struktur Baru
Beberapa tahun Nang bin. CEO Sara Lee, John H. Bryan menyadari bahwa ia menghadapi sebuah nuvil.il) Selama 25 tahun ia menjabat di perusahaan itu, Sara Lee tebh tumbuh incl.nnp.iui bidang bonis awainya, yaitu produk makanan, dan berusaha dalam puluhan hni bisnis lainnya-mubi dari produk adonan kuc hingga insektisida dan pakaian dalam.
Bisnis barunya im incrupakan hasil akutsisi, dan tup inanajer inengontrol masing-masing perusahaan seolah-olah mcreka adalah perusahaan sing terpivah. Mcnglntung biava dan akuiuM yang terjadi di perusahaan. Bryan menyiinpulkan bahss-a perusahaan tidak akan mampu menutupi biaya tinggi di saat persamgan harga gcncar dibkukan.
Sebagai asval dari usahanya untuk memperbaiki keadaan, duuulai pada tahun 1997, Bryan mulai menjtul atau inenutup 'cpetemp.it dari sekiur 200 lini prosluk yang dimilikinya. Dia inenutup beberapa pabrik beserta pegass-ai-pegawainya yang kurang produktif. mengurangi juinbh prosluk. dan meinbuat prosedur standar bagi semua bidang usaha. Dia memberi nanu program rcstrukturisasi png ekstensif im dengan nanu “dnvrtkaiizariiwi". dan tujuannva adalah untuk mengalihkan Sara Lee dari industri manufaktur sambil memperkuat seru inembuatnya lebih efektil' dalam bidang pemauran. Sementara itu, dia tetap Iscrusaha mengambil alih perusahaan vaingan untuk tetap mcnipcrtahankan pertumbtilun perusahaan. Nanum meskipun berbagai usaha telah dibkukan Bryan, lumpaknya Sara Lee masih incnderita kcrugian dari biap tinggi serta tetap kurang fokus dan efisien. Scperti yang diucapkan oleh salah seorang aiulis industri mcngcnai strategi yang dibkukan Bryan: "Kadang, senukin banvak kursi yang Anda pindahkan. semakin banvak debu yang Anda lilut di basvah kursi tersebut."
Pada uhun 2000. C. Steven McMillan mengambil alih Sara Lee <www. saralcc.com> dari tampuk kepemimpinan Bryan, dan seperti ungkapan yang diucapkan oleh Yogi Berra. "Semua scperti tcrulang kembali." McMillan segera mcnvadari bahwa usaha Bryan hanya berpengaruh sedikit terhadap kincrja perusahaan,
Bisnis barunya im incrupakan hasil akutsisi, dan tup inanajer inengontrol masing-masing perusahaan seolah-olah mcreka adalah perusahaan sing terpivah. Mcnglntung biava dan akuiuM yang terjadi di perusahaan. Bryan menyiinpulkan bahss-a perusahaan tidak akan mampu menutupi biaya tinggi di saat persamgan harga gcncar dibkukan.
Sebagai asval dari usahanya untuk memperbaiki keadaan, duuulai pada tahun 1997, Bryan mulai menjtul atau inenutup 'cpetemp.it dari sekiur 200 lini prosluk yang dimilikinya. Dia inenutup beberapa pabrik beserta pegass-ai-pegawainya yang kurang produktif. mengurangi juinbh prosluk. dan meinbuat prosedur standar bagi semua bidang usaha. Dia memberi nanu program rcstrukturisasi png ekstensif im dengan nanu “dnvrtkaiizariiwi". dan tujuannva adalah untuk mengalihkan Sara Lee dari industri manufaktur sambil memperkuat seru inembuatnya lebih efektil' dalam bidang pemauran. Sementara itu, dia tetap Iscrusaha mengambil alih perusahaan vaingan untuk tetap mcnipcrtahankan pertumbtilun perusahaan. Nanum meskipun berbagai usaha telah dibkukan Bryan, lumpaknya Sara Lee masih incnderita kcrugian dari biap tinggi serta tetap kurang fokus dan efisien. Scperti yang diucapkan oleh salah seorang aiulis industri mcngcnai strategi yang dibkukan Bryan: "Kadang, senukin banvak kursi yang Anda pindahkan. semakin banvak debu yang Anda lilut di basvah kursi tersebut."
Pada uhun 2000. C. Steven McMillan mengambil alih Sara Lee <www. saralcc.com> dari tampuk kepemimpinan Bryan, dan seperti ungkapan yang diucapkan oleh Yogi Berra. "Semua scperti tcrulang kembali." McMillan segera mcnvadari bahwa usaha Bryan hanya berpengaruh sedikit terhadap kincrja perusahaan,
Bryan menyadari bahwa ia menghadapi scbuah nuvil.il) Selama 25 tahun ia menjabat di perusahaan itu, Sara Lee tebh tumbuh incl.nnp.iui bidang bonis awainya, yaitu produk makanan, dan berusaha dalam puluhan hni bisnis lainnya-mubi dari produk adonan kuc hingga insektisida dan pakaian dalam. Bisnts barunya im incrupakan hasil akutsisi, dan tup inanajer inengontrol masing-masing perusahaan seolah-olah mcreka adalah perusahaan sing terpivah. Mcnglntung biava dan akuiuM yang terjadi di perusahaan. Bryan menyiinpulkan bahss-a perusahaan tidak akan mampu menutupi biaya tinggi di saat persamgan harga gcncar dibkukan.
Sebagai asval dari usahanya untuk memperbaiki keadaan, duuulai pada tahun 1997, Bryan mulai menjtul atau inenutup 'cpetemp.it dari sekiur 200 lini prosluk yang dimilikinya. Dia inenutup beberapa pabrik beserta pegass-ai-pegawainya yang kurang produktif. mengurangi juinbh prosluk. dan meinbuat prosedur standar bagi semua bidang usaha. Dia memberi nanu program rcstrukturisasi png ekstensif im dengan nanu “dnvrtkaiizariiwi". dan tujuannva adalah untuk mengalihkan Sara Lee dari industri manufaktur sambil memperkuat seru inembuatnya lebih efektil' dalam bidang pemauran. Sementara itu, dia tetap Iscrusaha mengambil alih perusahaan vaingan untuk tetap mcnipcrtahankan pertumbtilun perusahaan. Nanum meskipun berbagai usaha telah dibkukan Bryan, lumpaknya Sara Lee masih incnderita kcrugian dari biap tinggi serta tetap kurang fokus dan efisien. Scperti yang diucapkan oleh salah seorang aiulis industri mcngcnai strategi yang dibkukan Bryan: "Kadang, senukin banvak kursi yang Anda pindahkan. semakin banvak debu yang Anda lilut di basvah kursi tersebut."
Pada uhun 2000. C. Steven McMillan mengambil alih Sara Lee <www. saralcc.com> dari tampuk kepemimpinan Bryan, dan seperti ungkapan yang diucapkan oleh Yogi Berra. "Semua scperti tcrulang kembali." McMillan segera mcnvadari bahwa usaha Bryan hanya berpengaruh sedikit terhadap kincrja perusahaan,
sehingga ia pcrlu mclakukan scbuah perubahan besar. Mcminjam rcsep dari pesaingnya, Kraft Foods, dia memulai usahanya dengan menptukan tenaga-tenaga penjuabn png mengkhususkan diri pada berbagai jenis produk. untuk menghasilkan tim png lebih kccil dan lebih berorientasi kepaib komumennya. Sebagai contoh. untuk produk daging. sccara khusus Sara Lee memiliki 10 mcrck berbeda. ternusuk Ball Park. Hillshire Farms. Bryan, dan jimmy Dean. "Anda harus mampu mcnangani 10 organivasi dan sejumlah tagihan png bcrbcsb-bcib.'' ujar McMillan. Para tim mengurangi adanva duplikasi sehingga memudahkan pembeli—sebuah kondisi yang memberi kcuntungan bagi kedua belah piluk. Pcngcccr nasional scperti Wal-Mart memberi res pons dengan mentesan produk-produk Sara Lee.
McMilbnjugi mclakukan scntralisau ilabm pembuat-an keputusan dengan inenutup 50 mcrck regional yang lemah dan merestrukturisasi perusahaan hingga hanya memproduksi 3 kategori besar produk: Makanan dan Minunun. Produk Pakaian Dalam. serta Produk Kumah Tangga. Dia menghapus bpisan-lapisan hierarki dalam perusahaan, termasuk nunajer-nunajer tmgk.it menengah yang asb sebagai hasil dari proses akuisisi perusahaan tcrsbhulu. Dia mcnciptakan nunajer-nunajer berdasarkan kategori untuk mcmantau lini bisnis terkait, sbn struktur organisasi yang lebih datar ini mcnciptakan peningkatan akuntabilitas dan kontrol yang lebih tersentralisasi dalam operasi bisnis Sara Lee png saling berjauhan.
McMillan juga meminjam beberapa uktik png digunakan oleh pcndahulunya. dengan mclakukan discstasi terhadap 15 bisnisnya. termasuk di dabnmya prosluk kulit Coach, dan memecat 10% dari pegawainya. Manuvcr bin png ia bkukan, sbn slipertanyakan oleh para pengmut industri. yaitu slia mclakukan pembayaran senilai S2.8 miliar untuk membeh perusahaan pembuat roti Earthgrains. Tindakan ini meningkatkan pangsa pasar Sara Lee untuk produk rotinya. lumun para penganut menilai bahssa McMillan membayar terlalu besar untuk scbuah usaha dengan potensi penghasibn png kecil. Ccrita panbuka bob ini Man/uilum pada banian Miii bob
Sebagai asval dari usahanya untuk memperbaiki keadaan, duuulai pada tahun 1997, Bryan mulai menjtul atau inenutup 'cpetemp.it dari sekiur 200 lini prosluk yang dimilikinya. Dia inenutup beberapa pabrik beserta pegass-ai-pegawainya yang kurang produktif. mengurangi juinbh prosluk. dan meinbuat prosedur standar bagi semua bidang usaha. Dia memberi nanu program rcstrukturisasi png ekstensif im dengan nanu “dnvrtkaiizariiwi". dan tujuannva adalah untuk mengalihkan Sara Lee dari industri manufaktur sambil memperkuat seru inembuatnya lebih efektil' dalam bidang pemauran. Sementara itu, dia tetap Iscrusaha mengambil alih perusahaan vaingan untuk tetap mcnipcrtahankan pertumbtilun perusahaan. Nanum meskipun berbagai usaha telah dibkukan Bryan, lumpaknya Sara Lee masih incnderita kcrugian dari biap tinggi serta tetap kurang fokus dan efisien. Scperti yang diucapkan oleh salah seorang aiulis industri mcngcnai strategi yang dibkukan Bryan: "Kadang, senukin banvak kursi yang Anda pindahkan. semakin banvak debu yang Anda lilut di basvah kursi tersebut."
Pada uhun 2000. C. Steven McMillan mengambil alih Sara Lee <www. saralcc.com> dari tampuk kepemimpinan Bryan, dan seperti ungkapan yang diucapkan oleh Yogi Berra. "Semua scperti tcrulang kembali." McMillan segera mcnvadari bahwa usaha Bryan hanya berpengaruh sedikit terhadap kincrja perusahaan,
sehingga ia pcrlu mclakukan scbuah perubahan besar. Mcminjam rcsep dari pesaingnya, Kraft Foods, dia memulai usahanya dengan menptukan tenaga-tenaga penjuabn png mengkhususkan diri pada berbagai jenis produk. untuk menghasilkan tim png lebih kccil dan lebih berorientasi kepaib komumennya. Sebagai contoh. untuk produk daging. sccara khusus Sara Lee memiliki 10 mcrck berbeda. ternusuk Ball Park. Hillshire Farms. Bryan, dan jimmy Dean. "Anda harus mampu mcnangani 10 organivasi dan sejumlah tagihan png bcrbcsb-bcib.'' ujar McMillan. Para tim mengurangi adanva duplikasi sehingga memudahkan pembeli—sebuah kondisi yang memberi kcuntungan bagi kedua belah piluk. Pcngcccr nasional scperti Wal-Mart memberi res pons dengan mentesan produk-produk Sara Lee.
McMilbnjugi mclakukan scntralisau ilabm pembuat-an keputusan dengan inenutup 50 mcrck regional yang lemah dan merestrukturisasi perusahaan hingga hanya memproduksi 3 kategori besar produk: Makanan dan Minunun. Produk Pakaian Dalam. serta Produk Kumah Tangga. Dia menghapus bpisan-lapisan hierarki dalam perusahaan, termasuk nunajer-nunajer tmgk.it menengah yang asb sebagai hasil dari proses akuisisi perusahaan tcrsbhulu. Dia mcnciptakan nunajer-nunajer berdasarkan kategori untuk mcmantau lini bisnis terkait, sbn struktur organisasi yang lebih datar ini mcnciptakan peningkatan akuntabilitas dan kontrol yang lebih tersentralisasi dalam operasi bisnis Sara Lee png saling berjauhan.
McMillan juga meminjam beberapa uktik png digunakan oleh pcndahulunya. dengan mclakukan discstasi terhadap 15 bisnisnya. termasuk di dabnmya prosluk kulit Coach, dan memecat 10% dari pegawainya. Manuvcr bin png ia bkukan, sbn slipertanyakan oleh para pengmut industri. yaitu slia mclakukan pembayaran senilai S2.8 miliar untuk membeh perusahaan pembuat roti Earthgrains. Tindakan ini meningkatkan pangsa pasar Sara Lee untuk produk rotinya. lumun para penganut menilai bahssa McMillan membayar terlalu besar untuk scbuah usaha dengan potensi penghasibn png kecil. Ccrita panbuka bob ini Man/uilum pada banian Miii bob
Apakah Struktur Organisasi Itu?
Apakah yang dimaksud dcngan istilah struktur organisasi? Pikirkanlah analogi sederhana berikut. Dalam beberapa hal, bisnis itu seperti mobil. Semua inobil, niisalnya, niempunyai mesin, empat ban, spatbor, dan komponcn struktural lainnya. Mobil incmiliki ruang pcnuinpang, bagasi belakang, dan bcrbagai sistem opcrasional (bahan bakar, rem dan pengontrol cuaca). Walaupun masing-masing niempunyai fungsi yang bcrbcda-bcda, komponcn-komponen tersebut juga harus dapat bekeija selaras dcngan komponcn lainnya. Sclain itu. walaupun pcnampilan dan bentuknya bcragam, mobil-mobil yang dibuat oleh berbagai pcrusahaan yang saling bersaing itu bahkan niempunyai komponcn-komponen dasar yang sama.
Sama halnya, scluruh bisnis niempunyai komponcn-komponen struktural dan opcrasional yang bersifat umum, masing-masing komponcn terdiri dari serangkaian pekerjaan yang harus diselesaikan dan dcngan kesclunihan tujuau yang spesi/ik. Komponcn masing-masing pcrusahaan itu mcmiliki bentuk dan pcnampilan yang berbeda, tetapi setiap komponcn organisasi memiliki tujuan dasar yang scrupa—setiap komponcn harus mclaksanakan fungsinya sendiri, sclain itu juga harus bekeija selaras dcngan lainnya.
Walaupun semua organisasi mcmiliki clcmcn-clcmcn dasar yang sama, masing-masing harus mengembangkan struktur yang paling cocok. Apa yang dapat dicapai di Texas Instruments belum tentu cocok untuk Shell Oil. Amazon.com, atau Dcpartcmcn Kchakiman Amcrika Serikat. Struktur organisasi Palang Merah Amcrika mungkin tidak akan cocok untuk Union Carbide atau University of Minnesota. Kita akan mendefinisikan struktur organisasi sebagai spesifikasi pekerjaan yang hams dilakukan di dalam organisasi beserta cara-cara mengaitkan pekerjaan satu dcngan lainnya.
Apakah yang dimaksud dcngan istilah struktur organisasi? Pikirkanlah analogi sederhana berikut. Dalam beberapa hal, bisnis itu seperti mobil. Semua inobil, niisalnya, niempunyai mesin, empat ban, spatbor, dan komponcn struktural lainnya. Mobil incmiliki ruang pcnuinpang, bagasi belakang, dan bcrbagai sistem opcrasional (bahan bakar, rem dan pengontrol cuaca). Walaupun masing-masing niempunyai fungsi yang bcrbcda-bcda, komponcn-komponen tersebut juga harus dapat bekeija selaras dcngan komponcn lainnya. Sclain itu. walaupun pcnampilan dan bentuknya bcragam, mobil-mobil yang dibuat oleh berbagai pcrusahaan yang saling bersaing itu bahkan niempunyai komponcn-komponen dasar yang sama.
Sama halnya, scluruh bisnis niempunyai komponcn-komponen struktural dan opcrasional yang bersifat umum, masing-masing komponcn terdiri dari serangkaian pekerjaan yang harus diselesaikan dan dcngan kesclunihan tujuau yang spesi/ik. Komponcn masing-masing pcrusahaan itu mcmiliki bentuk dan pcnampilan yang berbeda, tetapi setiap komponcn organisasi memiliki tujuan dasar yang scrupa—setiap komponcn harus mclaksanakan fungsinya sendiri, sclain itu juga harus bekeija selaras dcngan lainnya.
Walaupun semua organisasi mcmiliki clcmcn-clcmcn dasar yang sama, masing-masing harus mengembangkan struktur yang paling cocok. Apa yang dapat dicapai di Texas Instruments belum tentu cocok untuk Shell Oil. Amazon.com, atau Dcpartcmcn Kchakiman Amcrika Serikat. Struktur organisasi Palang Merah Amcrika mungkin tidak akan cocok untuk Union Carbide atau University of Minnesota. Kita akan mendefinisikan struktur organisasi sebagai spesifikasi pekerjaan yang hams dilakukan di dalam organisasi beserta cara-cara mengaitkan pekerjaan satu dcngan lainnya.
Faktor Penentu Organisasi
Bagaimana struktur organisasi ditencukan? Apakah struktur organisasi terjadi secara kebetulan, atau adakah logika yang hams digunakan manajer dalam mcnciptakan struktur organisasi? Apakah struktur organisasi dikcmbangkan inclalui bcbcrapa kombinasi kondisi dan stratcgi? Idcalnya. manajcr secara cermat mcnilai bcrbagai faktor penting sevvaktu mcrcka tnerencanakan dan kemudian mcnciptakan suatu struktur yang mcmungkinkan organisasi mcrcka bcrfungsi secara efektif.
Banyak unsur yang bekerja sama dalam mcnentukan struktur organisasi. Yang paling utama adalah tujiuin, niisi, dan stratcgi organisasi. Perusahaan yang berkembang pesat dan dinamis, misalnya, mencapai posisi itu karena tujuan dan keberhasilan stratcgi dalam mcraihnya. Perusahaan seperti itu akan mcmcrlukan suatu struktur yang memberikan Heksibilitas dan pertumbuhan. Organisasi yang stabil dengan pertumbuhan yang sedang tentunya akan bcrfungsi dengan baik dalam struktur yang berbeda.
Ukuran, teknologi. dan perubahan kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi struktur organisasi. Seperti yang telah kita lihat dalam Bab 6, pengorganisasian merupakan fungsi perencanaan manajcrial. Pengorganisasian dilaksanakan dengan kesadaran yang sama baik dalam lingkungan eksternal maupun internal dari suatu perusahaan. Produsen besar yang beroperasi dalam suasana persaingan ketat. katakan, seperti Boeing atau Hewlett-Packard membutuhkan struktur organisasi yang sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan salon potong rambut atau toko video. Sclain itu, bahkan sctelah suatu struktur tercipta. perusahaan jarang terbebas dari pemolcsan atau penciptaan kembali secara spontan (reinvention). Sebagian besar organisasi secara kontinu mengubah struktur organisasi mereka pada jangka waktu tertentu.
Sejak didirikan pada tahun 1903, Ford Motor Company telah mengalami lusinan perubahan struktur secara besar-besaran, ratusan perubahan dalam skala menengah, dan ribuan perubahan kecil. Dalam 10 tahun terakhir ini saja, Ford telah melakukan beberapa perubahan struktural besar.
Bagaimana struktur organisasi ditencukan? Apakah struktur organisasi terjadi secara kebetulan, atau adakah logika yang hams digunakan manajer dalam mcnciptakan struktur organisasi? Apakah struktur organisasi dikcmbangkan inclalui bcbcrapa kombinasi kondisi dan stratcgi? Idcalnya. manajcr secara cermat mcnilai bcrbagai faktor penting sevvaktu mcrcka tnerencanakan dan kemudian mcnciptakan suatu struktur yang mcmungkinkan organisasi mcrcka bcrfungsi secara efektif.
Banyak unsur yang bekerja sama dalam mcnentukan struktur organisasi. Yang paling utama adalah tujiuin, niisi, dan stratcgi organisasi. Perusahaan yang berkembang pesat dan dinamis, misalnya, mencapai posisi itu karena tujuan dan keberhasilan stratcgi dalam mcraihnya. Perusahaan seperti itu akan mcmcrlukan suatu struktur yang memberikan Heksibilitas dan pertumbuhan. Organisasi yang stabil dengan pertumbuhan yang sedang tentunya akan bcrfungsi dengan baik dalam struktur yang berbeda.
Ukuran, teknologi. dan perubahan kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi struktur organisasi. Seperti yang telah kita lihat dalam Bab 6, pengorganisasian merupakan fungsi perencanaan manajcrial. Pengorganisasian dilaksanakan dengan kesadaran yang sama baik dalam lingkungan eksternal maupun internal dari suatu perusahaan. Produsen besar yang beroperasi dalam suasana persaingan ketat. katakan, seperti Boeing atau Hewlett-Packard membutuhkan struktur organisasi yang sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan salon potong rambut atau toko video. Sclain itu, bahkan sctelah suatu struktur tercipta. perusahaan jarang terbebas dari pemolcsan atau penciptaan kembali secara spontan (reinvention). Sebagian besar organisasi secara kontinu mengubah struktur organisasi mereka pada jangka waktu tertentu.
Sejak didirikan pada tahun 1903, Ford Motor Company telah mengalami lusinan perubahan struktur secara besar-besaran, ratusan perubahan dalam skala menengah, dan ribuan perubahan kecil. Dalam 10 tahun terakhir ini saja, Ford telah melakukan beberapa perubahan struktural besar.